Langsung ke konten utama

8 Jenis Buah yang Harus Dihindari Ketika Sedang Diet

Buah seringkali menjadi cemilan sehat bagi orang-orang yang sedang fokus menurunkan berat badan. Sebab, buah dikenal mengandung serat tinggi, dan mikronutrien penting. Namun, ternyata beberapa jenis buah memiliki kandungan gula yang tinggi. Meski gula alami, namun konsumsi dalam jumlah besar bisa mengganggu usaha penurunan berat badan. Jadi, amat penting untuk mengontrol asupan beberapa jenis buah. "Bagi yang sedang dalam program penurunan berat badan, perhatikan porsi." 

 Ilustrasi pisang

"Misalnya, segenggam (untuk ukuran buah apel) dan secangkir buah potong untuk ukuran melon atau nanas," ujar Eliza Savage, ahli diet di Middleburg Nutrition di New York, Amerika Serikat. Namun, jika kamu tetap ingin memotong asupan gula. Maka kamu bisa meminimalisasi konsumsi buah-buah berikut: 

1. Buah kalengan dalam sirup 

Ahli gizi tersertifikasi, Jillian Kubala menjelaskan, buah kalengan bisa menjadi pilihan buah yang menyehatkan sekaligus terjangkau, sepanjang buah tersebut tak diproses menggunakan sirup pemanis. "Pilihlah buah kalengan dalam air atau jus, ketimbang buah kaleng yang dicampurkan dengan sirup pemanis," kata Jillian. 

2. Buah kering 

Sedikit buah kering bisa menjadi cemilan yang enak, apalagi jika dikombinasikan dengan lemak sehat dan protein seperti kacang atau biji-bijian. Namun, mengonsumsi terlalu banyak buah kering bisa menambah berat badan. "Buah kering lebih berkalori daripada buah utuh segar dan mengandung lebih banyak gula persajian. Sebab, buah ini dipadatkan dan dikeringkan," ujar dia. Buah utuh mengandung air, sehingga akan membuat kita merasa kenyang dan terhidrasi. Sehingga, buah utuh menjadi pilihan yang lebih tepat bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan.

3. Smoothies 

Minum buah yang dijadikan smoothie bisa menjadi pilihan sehat. Namun, perhatikan smoothie yang kamu konsumsi. Smotthie dalam bentuk botol yang kita temukan di mini market bisa jadi justru mengandung sangat banyak gula. Jillian mengatakan, konsumsi smoothie botol sebanyak satu atau dua porsi sehari bisa benar-benar mengganggu usaha penurunan berat badan. Namun, jika masih ingin mengonsumsinya, buatlah sendiri di rumah. Pastikan kamu memasukkan secangkir buah potong, kemudian tambahkan sayuran dan sumber protein. Untuk rasa, campurkan dengan susu almond tanpa pemanis. 

4. Pisang 

Ahli diet tersertifikasi, Amanda Baker Lemein menjelaskan, pisang menjadi pilihan yang kurang baik di saat kita sedang berupaya menurunkan berat badan. Pisang berukuran besar bahkan bisa mengandung 17 gram gula dan 120 kalori.

5. Nanas 

Selain pisang, Amanda juga tak menyarankan konsumsi nanas. Nanas bisa mengandung hingga 17 gram gula per satu cangkir sajian. 6. Mangga Mangga bahkan bisa mengandung hingga 22 gram gula per satu cangkir sajian. Ahli gizi tersertifikasi sekaligus pemilik The Nutrition Suite, Juliana Shalek mengatakan, mangga adalah pilihan yang tidak tepat saat berusaha menurunkan berat badan. Jika masih ingin mengonsumsinya, Amanda mengingatkan pentingnya diperhatikan porsi sajian. 

7. Anggur 

Pengarang The Diet Detox, Brooke Alpert menyebutkan anggur sebagai salah satu buah yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam konteks yang sama. Sebab, anggur mengandung banyak gula, dan per secangkir sajian bisa mengandung sekitar 16 gram gula.

8. Semangka 

Semangka terdengar sangat segar dan enak untuk dikonsumsi di tengah cuaca panas. Namun, perhatikan jumlah sajiannya. Secangkir semangka potong bisa mengandung hingga sembilan gram gula. Sementara, sepotong semangka bisa mengandung hingga 17 gram gula.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita saya tentang kontes seo Century 21

Semoga saja anda belum bosan membaca cerita saya tentang kontes seo Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia ☺. Maklum, namanya juga saya ikutan jadi saya wajib kasih semangat buat diri saya sendiri dong, hehe. Artikel-artikel saya mengenai kontes seo  Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia pun belum akan berakhir, jadi silakan ketikkan halaman lain di browser anda kalau sudah merasa bosan atau kalau masih mau tetap disini membaca artikel saya juga boleh. Singkat saja, beberapa waktu lalu saya pernah menerbitkan sebuah artikel yang berjudul  Tips mendapatkan rumah dengan harga yang sesuai , saya berharap tips tersebut bisa memberikan sedikit manfaat bagi yang membacanya. Dan memang artikel tersebut masih berkaitan dengan kontes seo Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia ini.  Sebagai penyedia jasa broker properti yang juga termasuk rumah, kantor, apartemen, rukan dan lain sebagainya, diharapkan kehadiran  Century 21 Broker Prope

inilah 5 jenis Makanan yang Dapat Mengatasi Keracunan Makanan

Keracunan makanan adalah suatu kondisi kesehatan yang disebabkan asupan makanan yang terkontaminasi. Biasanya, bakteri atau parasit patogen yang pindah dari makanan yang tidak sehat ke dalam sistem tubuh kita. Makanan mungkin telah terkontaminasi karena disajikan atau pengolahan yang tidak higienis, atau karena bahan makanan yang telah rusak. Beberapa tanda-tanda keracunan makanan yaitu diare, sakit perut, muntah-muntah hebat, sakit kepala, demam, dan lemas. Untuk itu, makan makanan yang mengistirahatkan perut dan macam-macam makanan bernutrisi penting untuk mengatasi kondisi semacam ini. Laman MeetDoctor menguraikan beberapa makanan yang patut dikonsumsi saat keracunan:  1. Sayuran rebus   Mengganti pola makan dengan makan makanan sehat, seperti sayur-sayuran. Dengan cara ini, tubuh dapat memperoleh kembali nutrisi. Kita hanya perlu merebus beberapa sayuran dan menambahkan bumbu yang diperlukan. Bisa pula memakai minyak zaitun untuk memberi rasa pada makanan. Selain di

Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia

Kontes seo tahun 2011 kali ini diadakan oleh Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia memperebutkan hadiah puluhan juta rupiah. Untuk memenangkan ajang bergengsi ini juga tak mudah, disamping banyaknya peserta, para blogger-blogger senior juga turut meramaikan perhelatan akbar kalangan blogger ini. Setiap kontestan wajib menggunakan satu kalimat kunci yaitu Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia dengan Google.co.id sebagai juri pemegang keputusan final saat kontes seo ini berakhir. Merasa tertantang, saya pun ikut mencoba ajang akbar ini. Dengan skill pas-pasan plus domain gratisan baru yang saya miliki, yaitu spektrumdunia.blogspot dan exspacer.blogspot saya turut berpartisipasi. Kemenangan bukanlah satu-satunya hal yang saya cari dalam kontes seo Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia , bukan pula sebagai ajang pembuktian bahwa saya hebat, karena sesungguhnya saya hanyalah newbie yang masih terbilang awam dalam ajang k